Keihkhlasan Sang Samudra

Emosi dan kemarahan itu seperti matahari. Selalu ada saat dimana kegarangan panasnya reda manakala ia tenggelam dalam kesejukan samudra pemahanman hati nurani.

Dalam setiap kegelapan di Langit pemahaman, sering kali setitik cahaya nurani yang terang bisa menjadi bintang navigasi yang akan menuntun arah dan menyelamatkan kita saat bimbang di tengah arus samudra kehidupan.

samudera

hdwallpapers.in

Samudra tercipta karena dengan segala kerendahannya ia ikhlas menerima semua air yang mengalir kepadanya. Sementara itu, gunung cepat kehilangan airnya karena ia menempatkan dirinya selalu lebih tinggi. Begitulah batin seseorang menjadi seluas samudra oleh sifat kerendahan hati yang ikhlas menerima.

Pikiran seseorang yang dibimbing oleh kerendahan hati suatu ketika akan menjadi narasumber pengetahuan yang luas bagi sesamanya. Ia menjadi samudra karena ikhlas menerima segala pengetahuan orang lain yang ingin melengkapinya. Sebaliknya, seperti danau di gunung yang selalu berada di ketinggian, orang yang tinggi hati cenderung memiliki pengetahuan terbatas karena selalu merasa dirinya telah berada di puncak pengetahuan dan pemahaman.

Tak mesti menjadi danau untuk bisa berguna sebagai surge bagi sebuah desa yang dilanda kehausan. Cukuplah jadi sebuag pancuran kecil yang terus mengeluarkan air tetap saja ia surga di musim kemarau.

Seorang guru pernah berpesan indah: “Jika kita tak bisa menjadi jalan raya, cukuplah menjadi gang-gang kecil yang bisa dilalui orang untuk pulang kerumahnya.Mirip seperti pesan bahwa kita tak mesti menjadi danau hanya untuk bisa memberi minum bagi sebuah desa yang kehausan. Menjadi pancuran kecil saja bahkan sudah cukup bermanfaat di saat yang tepat. Sesungguhnya setiap kita adalah seseorang yang sudah cukup untuk membagi kebaikan bagi orang lain. Bila belum mampu memberi satu kebaikan, bahkan dengan tidak melakukan suatu keburukan sesungguhnya kita sudah sangat membantu dunia.

Diambil dari Buku Saat Semesta Bicara karangan W. Mustika.

Ingin baca buku ini? GRATIS di Sentra Buku Rumah Pintar Kembar,

Jl.Solo-Yogya km.30 Jombor Ceper Klaten. Telp (0272) 3154 777.

Buka Senin-Sabtu 08.00-20.00 dan Minggu 08.00-14.oo.

Kami tunggu kedatangan Anda di Rumah Pintar Kembar

Suka dengan Artikel ini? Dapatkan Update Artikel Terbaru dari Rumah Pintar Kembar, Masukkan Alamat Email Anda. Data Anda Aman. Kami membenci SPAM, seperti juga Anda. :

Delivered by FeedBurner

5 Comments

Leave A Reply