Cara Setting Email dengan Outlook

Sahabat Pintar,

Ada kalanya klien webdev KEMBAR menginginkan agar email-emailnya bisa diakses melalui outlook. Nah, kali ini ada tips tentang cara melakukan setting email dengan outlook:

1. Buka Outlook 2007 Anda.

2. Pilh/Klik menu Tools

3. Pilih Account Settings

1.PNG
4. Klik 2x pada akun email Anda

2.PNG
5. Masukan Nama anda.

6. Masukan Alamat Email Anda (lengkapi dengan @namadomainAnda).

7. Pada bagian Server Information, untuk kolom Account Type pilih POP3. Untuk kolom Incoming Mail Server isikan: mail.namadomainAnda (misal: mail.yourdomain.com). Untuk kolom Outgoing Mail Server (SMTP) samakan dengan Incoming Mail Server, yaitu: mail.namadomainANda (misal: mail.yourdomain.com).

8. Pada bagian Logon Information, untuk kolom User Name isikan alamat email Anda (lengkapi dengan @namadomainAnda seperti contoh pada gambar). Untuk kolom Password, silahkan Anda masukkan password dari user email yang dimaksud.

9. Centang (pilih) pada bagian Remember Password jika Anda ingin agar Outlook 2007 mengingat password email Anda (tidak disarankan pada komputer yang digunakan untuk bersama/shared)

Bb.PNG
10. Agar pengiriman email bisa dilakukan dari SMTP server, maka Anda harus aktifkan konfigurasi My Out Going Server (SMTP) Requires Authentication dengan menyamakan setingan seperti pada Incoming Mail Server yang sudah Anda set sebelumnya (no. 7). Caranya, klik tombol More Setting lalu klik tab Outgoing Server. Lihat gambar di bawah

4.PNG
11. Pada penggunaan mail client seperti Outlook pastinya menggunakan PORT untuk pengiriman dan penerimaan emailnya. Di kami, untuk port POP3 (Incoming) tetap menggunakan port 110 sedangkan untuk port pengiriman/outgoing (SMTP) kami menggunakan 2 port (pilih salah satu), yaitu port 25 (default) dan port 587 (optional jika menggunakan port 25 mengalami kegagalan/error dalam pengiriman email). Caranya, pilih tab Advanced dan pada bagian Outgoing server (SMTP) rubah ke port yang Anda inginkan (misal 587).

12. Jika data email ingin agar tetap tersimpan di server meskipun Anda sudah mendownload ke Outlook, silahkan Anda aktifkan setingan untuk Leave a copy of messages on the server.

5.PNG

Sumber: KB Masterweb

Oya, bagi Sahabat Pintar yg ingin belajar membuat web baik untuk pribadi, instansi, atau keperluan bisnisnya atau ingin kami buatkan web untuk meningkatkan usaha Anda, segera hubungi:

Tim Web Dev Kembar

Jl. Solo-Yogya km.30 Jombor Ceper Klaten
(0272) 3154777

Proses Cepat, Harga Terjangkau, GRATIS training pengelolaan web dan buku manual pengelolaan web

Suka dengan Artikel ini? Dapatkan Update Artikel Terbaru dari Rumah Pintar Kembar, Masukkan Alamat Email Anda. Data Anda Aman. Kami membenci SPAM, seperti juga Anda. :

Delivered by FeedBurner

2 Comments

Leave A Reply