10 Cara Baru Optimisasi Toko Online Anda di Google Search

Anda mempunyai toko online? Jika sudah punya, pernahkah Anda berpikir bagaimana cara supaya toko online Anda dikenal luas secara cepat dan mudah ke banyak orang? Ya! Tepat! Anda dapat memanfaatkan teknik SEO (Search Engine Optimization). Namun, untuk melakukan SEO yang baik, Anda harus tahu bagaimana prinsip kerja search engine. Dalam hal ini, search engine yang sangat populer digunakan adalah google. Artikel berikut ini, akan memberikan cara-cara baru untuk mengoptimasi toko online Anda di google search, simak ulasannya.

1. Buatlah artikel yang berkualitas di website toko online Anda.
Mungkin bagi Anda yang sudah pernah tahu SEO akan sedikit heran. Membuat artikel berkualitas? Bagaimana cara kerja search engine agar bisa membacanya? Ya ini semua berkat “Panda” yaitu algoritma google terbaru yang mampu mempunyai kemampuan seperti itu, kemampuan lebihnya dapat “membaca” tingkat ketertarikan setiap pengunjung di website Anda, seperti berapa lama, apakah adalah pengalaman tertentu bagi pengunjung, kemudian juga dapat “membaca” layout halaman, traffic dan faktor lainnya untuk menentukan rangking website Anda di google search. Sebagai tambahan, suatu halaman website yang secara jelas menuliskan kata kunci untuk mengelabui engine spider tanpa melibatkan adanya artikel berkualitas ini akan diberikan penalti oleh google search.

2. Kelola dengan baik isi website Anda sebisa mungkin jangan terlalu banyak duplikasi.
Duplikasi isi adalah hal yang saat ini diperhitungkan juga oleh google search. Apalagi toko online seringkali melibatkan duplikasi, akibatnya adalah duplikasi isi ini bisa juga menurunkan rangking pencarian website Anda. Untuk meminimalkan hal ini, Anda dapat melakukan Canonicalize link, Submit URL ke google, Syndicate website secara bijak, referensikan URL Anda secara konsisten, dan jika isi artikel Anda digunakan tanpa izin cukup minta pada google agar remove halaman tersebut dibawah Digital Millenium Copyright Act. Ingat, semakin sedikit duplikasi di website Anda, semakin website Anda menjadi naik rangkingnya.

3. Tampilan awal lebih baik fokus terhadap produk tertentu.
Seperti pada toko fisik, akan lebih baik jika Anda “mendisplay” beberapa produk “terlaris” di toko fisik Anda daripada “mendisplay” semua barang Anda didepan. Saat ini, pemikiran seperti ini juga berlaku didunia maya karena adanya algoritma google search yang baru, jadi yang dapat Anda lakukan adalah meletakkan prioritas produk Anda di toko online bagian depan website dan pastikan juga ada link yang menuju ke halaman produk dan detil lainnya.

optimasi toko online

denysetyawan.com

4. Utamakan kualitas daripada kuantitas.
Membayar untuk mendapatkan traffic adalah salah satu cara meningkatkan rangking di google search, tapi sepertinya akan menjadi hal yang menghamburkan uang. Mengapa? Karena jika Anda membayar untuk keyword yang umum seperti “kamera”, dalam jangka panjang mungkin tidak akan menghasilkan penjualan sehingga akan lebih baik jika kita menuliskan kata kunci (long-term tail) yang lebih spesifik misalnya Canon EOS dan tentunya tanpa harus membayar juga, yang penting kualitas keyword yang Anda buat mengena ke sasaran yang dituju.

5. Gunakan Google AdWords yang dapat membantu Anda.
Banyak cara yang digunakan oleh user dengan memanfaatkan teknologi AdWords ini seperti menawarkan extensions, menargetkan pengguna mobile, retargeting, menghadirkan sesuatu yang baru dan sebagainya. Selain itu cost-per-click akan dapat membantu meningkatkan AdWords sehingga meningkatkan rangking pencarian toko online Anda.

6. Cobalah semua kata kunci yang mungkin di google search.
Kata kunci adalah salah satu hal yang paling penting bagi search engine google mengenali website Anda. Oleh karena itu isi dalam website Anda lebih baik berisikan prediksi kata kunci yang mungkin di google search, optimisasi juga berlaku dalam penulisa judul tags, alt tags, dan tentunya setiap gambar juga sebaiknya relevan dengan kata pencarian yang mungkin, sebagai contoh gambar Anda bernama 1234product.jpg, Anda dapat mengubahnya menjadi MainanMobilJeep4x4Merah.jpg. Hal-hal seperti ini harus diperhatikan sehingga meningkatkan rangking website Anda.

7. Sebaiknya Anda tetap berada dalam keluarga google.
Google merupakan search engine terbesar, pada beberapa waktu yang lalu saya sudah menuliskan artikel mengenai pangsa pasar google di artikel berjudul Akhirnya! Search Engine Bing Mengalahkan Yahoo!. Anda akan memperoleh banyak keuntungan jika memanfaatkan segala kelebihan yang dimilikinya, sebagai contoh Google Base yang sekarang jadi Google Merchant Center, memungkinkan pemilik website meng-upload produk feed sehingga orang lain lebih mudah menemukan produk Anda di Google Product Search.

8. Jadilah lebih sosial.
Banyak merek produk yang telah memiliki Facebook Pages, tapi akan lebih relevan jika Anda memanfaatkan juga Google+ karena mendukung fitur pencarian yang handal. Di Google+ Anda dapat memiliki teman, posting tentang sesuatu dan tentunya mencari dengan lebih akurat. Selain itu, aktif di Google+ dapat meningkatkan peluang Anda menemukan pelanggan potensial sehingga meningkatkan penjualan toko online Anda.

9. Manfaatkan Google Places
Ini adalah fitur terbaik saat ini yang dapat ditawarkan google bagi Anda yang mempunyai toko dalam bentuk fisik bangunan. 97% konsumen mencari lokal bisnis yang online. Manfaat Google Places, setiap toko Anda yang terdaftar dapat tampil sehingga lebih mudah menemukannya di peta. Jadi pastikan jika Anda memiliki banyak toko daftarkan semua toko Anda secara individual dengan keterangan detil seperti jam bisnis, foto, update dan sebagainya agar hasilnya dapat maksimal.

10. Gunakan Schema.org
Toko online Anda adalah bentuk website Ecommerce, yang biasanya tidak dioptimisasikan dengan baik untuk GoogleBot. Dengan menggunakan struktur outline yang diformalisasikan di schema.org akan memungkinkan search engine mengakses data Anda sehingga dapat membantu google menjaring informasi berupa data sehingga website Anda akan lebih mudah dikenali oleh google search. Selamat mencoba!

Kursus Toko Online | Internet Marketing | Web & Blog Pemula | Desain Grafis ITPRENEUR

Bagi Sahabat Pintar yang ingin bisa membuat TOKO ONLINE, segera daftarkan diri Anda ke KURSUS ITPRENEUR E-COMMERCE. Dalam kursus ini, Sahabat Pintar akan diajarkan:

  • Seputar Bisnis Online dan Toko Online
  • Pembuatan Toko Online dengan WordPress
  • SEO Toko Online
  • Marketing Toko Online
  • Social Media Optimization

Fasilitas:

  • GRATIS DOMAIN dan HOSTING selama 1 tahun
  • Pengajar Berpengalaman (Muhammad Sholeh: Pemilik www.flanelshop.com / Agus Ariyanto: Web Developer www.souvenirdantas.com)
  • 1 orang 1 komputer
  • Akses internet
  • LCD proyektor
  • Modul dan sertifikat
  • Komunitas IT yang seru dan siap berbagi ilmu dan pengalaman

Berapa kuota peserta kursus ITPRENEUR?

Kursus ITPRENEUR akan dibuka dengan jumlah peserta minimal 3 dan maksimal 10 orang

Berapa durasi kursus ITPRENEUR?

Durasinya adalah 6×1,5jam dimana 5 sesi digunakan untuk mengasah ketrampilan IT dan 1 sesi terakhir digunakan bersama-sama dengan seluruh peserta dalam coaching session.

Bagaimana jika saya tertarik untuk mengikuti kursus ITPRENEUR?

Cukup dengan mengisi formulir pendaftaran kursus (biaya pendaftaran kursus Rp 10.000), sedangkan biaya kursus ITPRENEUR adalah Rp 500.000,-

Apa pembayaran kursus ITPRENEUR boleh dicicil?

Ya! Cicilan pertama biayanya Rp 250.000,- sedangkan sisanya dapat dibayarkan saat pertemuan ke 3 dan 5. Untuk pembayaran lunas di depan GRATIS voucher warnet dan taman bacaan di LKP KEMBAR

Ke mana saya harus mendaftar kursus ITPRENEUR?

Ke LKP KEMBAR

Jl. Solo-Yogya km.30 Jombor Ceper Klaten (samping hotel Victoria, seberang masjid Hijau Besar Jombor)

Telp (0272) 3154 777

www.rumahpintar-kembar.com

Buka Senin-Sabtu 08.00-20.00 dan Minggu 08.00-14.00
Sumber: Baba Studio

Suka dengan Artikel ini? Dapatkan Update Artikel Terbaru dari Rumah Pintar Kembar, Masukkan Alamat Email Anda. Data Anda Aman. Kami membenci SPAM, seperti juga Anda. :

Delivered by FeedBurner

0 Comments

Leave A Reply

You must be logged in to post a comment.