Cara Menggunakan FTP untuk Upload Web

Haloo Sahabat Pintar!

Jumpa lagi di kolom tutorial IT di Rumah Pintar Kembar. Baru-baru ini ada beberapa mahasiswa setempat yang datang ke Rumah Pintar Kembar untuk mengupload web mereka yang digunakan sebagai Tugas Akhir. Untuk meng-online-kan web mereka, tim Rumah Pintar Kembar diminta untuk membantu meng-uploadnya ke web hosting.

Biasanya, kami menggunakan File Manager di Control Panel web hosting untuk mengupload web, dengan sebelumnya menge-zip folder web tsb ke dalam satu file zip. Karena untuk keperluan ini akan ada tujuh buah web dalam satu domain, masing-masing web menggunakan subdomain yang berbeda, maka kami harus mencari cara untuk mengupload web secara cepat dan mudah. Nah, salah satu solusinya adalah menggunakan FTP.

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, dimana aplikasi ini akan sangat membantu kamu untuk men-transfer file antara komputer dan server di internet. Ada banyak software FTP Client yang bisa digunakan. Dalam hal ini, kami menggunakan FileZilla. Bagi yang ingin menggunakannya, silahkan download kemudian install FileZilla nya.

Setelah Anda instal, maka akan muncul tampilan seperti berikut:

filezilla - upload via FTPNah, untuk langsung terhubung ke server, di bagian:

Mesin/Host : isi dengan domain web Anda (namawebanda.com)

Nama Pengguna/Username: isi dengan username dari CPanel Anda

Kata Kunci/Password: isi dengan password CPanel Anda

Port: isi dengan angka 21

Kemudian klik Quick Connect

Apabila data yang Anda masukkan sudah benar, maka data akan terhubung ke server. Dan Anda pun siap menguploadnya.

Di bagian bawah, terdapat dua jendela – kanan dan kiri: Jendela kiri berisi local site/situs lokal yakni drive lokal komputer Anda, tempat folder dan file web yang akan diupload. Jendela kanan berisi remote site/situs web tempat Anda akan mengupload web. Klik folder public_html di Jendela remote site (jika Anda ingin menampilkan web Anda), kemudian Drag n Drop folder/file (dapat juga di-zip terlebih dahulu) dari jendela kiri(local site) ke jendela kanan (remote site).

Mudah bukan?

Nah, bagi Sahabat Pintar yang ingin berkonsultasi atau belajar mengenai web, silahkan hubungi Rumah Pintar Kembar:

Jl. Solo-Yogya km.30 Jombor Ceper Klaten
(0272) 3154777

Suka dengan Artikel ini? Dapatkan Update Artikel Terbaru dari Rumah Pintar Kembar, Masukkan Alamat Email Anda. Data Anda Aman. Kami membenci SPAM, seperti juga Anda. :

Delivered by FeedBurner

0 Comments

  1. Bolank says:

    Thx u wat trick ny. . .

  2. sofwan light says:

    gan, setelah saya applykan di blog saya, kenapa ada kotak diluar menu ya? trus untuk submenunya kenapa kepotong setengah.

Leave A Reply