Cari Tahu dan Temukan Passion Kita!

Sahabat Pintar,

Sehubungan dengan dimuatnya artikel tentang Rumah Pintar Kembar di majalah Embun DSH, ada seseorang menghubungi saya untuk menanyakan tentang bagaimana cara menemukan passion. Nah, siapa tahu Sahabat Pintar juga penasaran yang dimaksud dengan passion itu dan bagaimana cara menemukannya.

Young Leaders for Indonesia

Jadi dulu waktu kuliah di ITB, saya sering ikut lomba2, seminar, acara2  dan salah satunya bernama Young Leaders for Indonesia. Acara tsb menghimpun mahasiswa2 yg nantinya dikumpulkan utk membuat project sesuai minat/jurusannya. Meskipun kuliah saya di bidang IT, tapi ternyata dg mengikuti YLI, saya baru menyadari passion saya adalah di dunia pendidikan. Teaching and learning, making people know something rasanya menyenangkan bagi saya.

Alhasil, ketika berkutat di Personal Leadership Project dalam YLI, saya menjadi semakin masuk ke dalam dunia pendidikan, tidak hanya menjadi pengamat, tapi juga berinteraksi dengan mereka yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia pendidikan, salah satunya Mba Enggar. Dibantu dengan mentor dari YLI (om Hadi Wenas), saya merumuskan kurikulum TIK SD dan mulai membayangkan alangkah bagusnya jika suatu saat nanti saya bisa membangun sekolah yang mengintegrasikan pendidikan IT dan agama ke dalamnya. Nah, berangkat dari situ, saya memiliki impian, dengan mulai membuka usaha kursus komputer. Start small, do it gradually, enjoy the process, dan lakukan sepenuh hati :) . Ingat, impian yang tidak direalisasikan/tidak segera dilakukan take action, akan semata menjadi angan-angan belaka.

Cara tahu passion?
Menurut saya, sebenernya tidak perlu ke psikolog utk tahu passion. Mungkin kita bisa baca buku nya Rene CC judulnya Your Job is NOT Your Career, atau baca resensinya di sini http://www.rumahpintar-kembar.com/2011/04/03/your-job-is-not-your-career/
Menurut saya, passion itu sesuatu yang ada dalam diri kita, sesuatu yg kita senangi, dari dalam hati. Jadi misalnya meskipun kita tidak dibayar kita tetap mengerjakan itu dengan senang hati. Dengan passion itu, kita insyaAllah tidak akan bosan melakukan hal yg menjadi passion karena itu semacam panggilan jiwa. Penyemangat seperti matahari yg selalu menyinari bumi tiap harinya. Sesuatu yg membuat kita excited utk bangun pagi dan do our best.

So, I wish we all have a meaningful life.. make sure that we are on the right track, not only running faster ourselves day by day :)

Nah, ini juga ada kutipan artikel dari http://irfanda.com/ini-passionku-apa-passionmu

What Do You Really Really Want?

Jawaban atas pertanyaan 6 kata diatas, teramat sangat penting bagi kehidupan seorang manusia. Sebuah pertanyaan besar yang menentukan ‘kebesaran’ kehidupan seseorang nantinya, yang ironisnya sering membuat orang bingung karena tak tau harus menjawab apa..

Jawaban atas pertanyaan diatas itulah yang disebut Passion..

Passion merupakan hal krusial yang harus diketahui sedini mungkin. Semakin cepat diketahui dan diperjuangkan, makin cepat pula kehidupan seseorang  menjadi besar dan hebat

Kenapa?

Karena Passionlah sumber energi dan kegairahan kita dalam bekerja..

Dengan passion, kita menjalani ‘pekerjaan’ sebagai hobi..

Dengan passion, Kita akan ‘bermain’ lebih hebat,,

Dengan passion, Kita akan ‘berjuang’ lebih keras,,

Dengan passion, Kita akan ‘berlari’ lebih cepat,,

Passion membuat hidup kita menjadi jelas dan terarah, yang bisa membuat kita fokus ke bidang yang kita inginkan

Bila kita ingin sehebat Bill Gates dalam bidang software,,

Bila kita ingin sehebat Warren Buffett dalam investasi,,

Bila kita ingin sehebat Micheal Jordan dalam basket,,

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah..

Temukan Segera Passion kita!!!
Banyak orang menjalani kehidupan yang bukan kehidupan yang diinginkannya karena mereka ‘berkompromi’ dengan keinginan orang tuanya, pasangannya, atau lingkungannya..

Akibat terburuk dari ‘kompromi’ ini adalah kita menjadi pribadi tanpa arah dan tujuan, yang hanya mengikuti ‘arus’..

Bertahan menjalani kehidupan yang diatur oleh orang lain, hanya akan membuat hidup kita tidak bahagia dan biasa-biasa saja..

Tanpa arah yang jelas akan kehidupan kita kedepannya, kita tak akan menjadi siapa-siapa, tak akan menjadi orang yang berarti di dunia yang hiperkompetitif  seperti saat ini..

Memperjuangkan passion dan impian kita memang membutuhkan pengorbanan..
Sayangnya banyak yang menyerah akan ‘keadaan’ dan melupakan passion mereka untuk menjalani kehidupan yang diarsiteki orang lain..

Menurut kami, hidup yang seperti itu bukanlah kehidupan..

Tapi Hidup ini pilihan..

Buat pilihan yang baik ya..

Hanya saran kami, segera temukan Passion kita..

Segera!!

Suka dengan Artikel ini? Dapatkan Update Artikel Terbaru dari Rumah Pintar Kembar, Masukkan Alamat Email Anda. Data Anda Aman. Kami membenci SPAM, seperti juga Anda. :

Delivered by FeedBurner

0 Comments

Leave A Reply

You must be logged in to post a comment.