Apa Beda Laptop, Notebook, dan Netbook?

Halo Sahabat Pintar!
Terkadang ada murid di Kursus Komputer Rumah Pintar Kembar bertanya kepada saya tentang bedanya Netbook dan Notebook. Nah, berikut ada penjelasan detilnya, buat yang mau siap-siap beli netbook atau notebook, baca dulu yaa ^__^
Mungkin istilah laptop, notebook, dan netbook sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sebab, sekarang ini laptop, notebook, dan netbook bukan lagi menjadi barang mewah. Seperti HP (handphone), kini notebook dan netbook sudah menjadi kebutuhan sebagian orang. Walaupun tidak dipungkiri ada yang memiliki laptop/notebook hanya untuk menaikkan pamornya atau tidak mau ketinggalan jaman.

Tapi, tidak banyak yang tahu apa bedanya antara laptop, notebook, dan netbook. Setidaknya ulasan berikut ini semoga bermanfaat;

Untuk notebook sama artinya dengan laptop. Akan tetapi penyebutan laptop lebih dikenal daripada notebook. Padahal pada awal kemunculannya notebook lebih dikenal daripada laptop. Dengan seiring perjalanan waktu, laptoppun lebih dikenal. Untuk penamaan laptop sendiri karena dia sering dipangku (bahasa inggrisnya Lap).

Trus, apa bedanya antara notebook dan netbook? Setidaknya ada beberapa point mendasar yang menjadikan perbedaan antara keduanya:

1. Fungsionalitas

Untuk fungsionalitas sebagaimana dilansir dalam detik.net, Budi Wahyu Jati, Country Manager Intel Indonesia menjelaskan, perbedaan antara netbook dan notebook yang paling mendasar adalah dari sisi fungsionalitas. Netbook ditujukan bagi pengguna yang bersifat content consumption [untuk berinternet, chatting, mendengarkan musik dan video] sementara notebook lebih kepada pengguna yang content maker [menciptakan suatu konten, seperti mengedit video atau gambar].

Jadi, untuk pengunaan harian yang tidak membutuhkan aplikasi berat seperti desain grafis, editing film, dan yang lainnya maka netbook sudah mencukupi. Terlebih hanya sekedar berselancar di internet maka netbook patut dijadikan rujukan utama. Terlebih dengan ketahanan batery yang mencapai 2 kali lipat notebook.

2. Ukuran

Dilihat dari ukurannya, netbook berukuran 7”-10”. Sedangkan untuk notebook berukuran mulai dari 10”-17”.

3. Hardware

Sedangkan untuk hardware yang digunakan kedua produk tersebut jelas berbeda. Untuk netbook biasanya menggunakan intel atom yang irit energi. AMD tak mau kalah, mereka mengeluarkan seri prosesor yang hemat energi juga dengan Athlon Neonya. Untuk harddrive, sebagian netbook sudah menggunakan SSD (Solid State Drive). Dan untuk kenyamanan berinternet, setiap netbook memeliki fasilitas Wifi. Bahkan sebagian disertai dengan model integrated 3G/3.5G.

Berbeda dengan netbook, notebook memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi. Sebab, untuk fungsionalitas jelas berbeda. Untuk keluaran terbaru, notebook minimal menggunakan prosesor Dual Core. Bahkan banyak notebook yang memiliki kemampuan setara dengan PC Desk, sudah mengunakan prosesor i7 dan dilengkapi dengan discrete graphic dari Ati Radeon atau Nvidia GeForce. Hal lain yang tidak dimiliki oleh netbook adalah optical drive. Optical drive pada notebook sudah integrated. Berbeda dengan netbook yang menggunakan portable optical drive.
laptop, netbook, notebook

4. Daya Tahan Batery

Notebook pada umumnya hanya mampu ‘hidup’ dengan baterai selama 1-3jam saja. Sedangkan netbook mampu bertahan lama antara 3-5jam. Sekarang ini tak sedikit netbook yang menawarkan ketahanan batery hingga lebih dari 5 jam. Bahkan salah satu vendor mencantumkan angka 8.5 hours. Ini dikarenakan hardware yang digunakan netbook lebih hemat energi dibanding notebook.

5. Harga

Perbedaan terakhir yang menjadi pertimbangan yang tidak kalah penting adalah dari sisi harga. Cukup merogoh kocek 2 jutaan sudah dapat membawa pulang sebuah netbook. Sedangkan untuk notebook dibandrol berkisar dari harga 3,5 juta ke atas.

Bingung Milih?

Nah, setidaknya dari paparan diatas sudah tahu perbedaan antara keduanya. Lantas setelah tahu masih bingung juga?

Saya memberikan solusi sebagai berikut; pastikan dulu kebutuhan anda. Apakah anda termasuk yang memiliki mobilitas tinggi sehingga perlu berpindah-pindah tempat? Selain itu apakah anda merasa kerepotan dengan adanya batery yang tidak tahan lama? Apabila iya, maka netbooklah jawabannya. Menurut saya, netbook sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan office dan internet, serta hanya sekedar mendengarkan musik.

Adapun, apabila anda memiliki kebutuhan mobilitas yang cukup tinggi dan kebutuhan yang besar seperti editing video, desain gratifs, maka notebook merupakan pilihan yang sesuai dengan kebuthan anda. Ditinjau dari performa, jelas notebook memiliki performa yang lebih daripada netbook.

Nah, buat Sahabat Pintar yang mengalami kerusakan pada laptop atau netbooknya, bisa dibawa ke Rumah Pintar Kembar, Jl. Solo-Yogya km.30 Jombor Ceper Klaten, telp (0272) 3154777. Kami siap membantu Anda ^__^

Sumber: http://firmans.web.id/beda-laptop-notebook-dan-netbook.html

Suka dengan Artikel ini? Dapatkan Update Artikel Terbaru dari Rumah Pintar Kembar, Masukkan Alamat Email Anda. Data Anda Aman. Kami membenci SPAM, seperti juga Anda. :

Delivered by FeedBurner

2 Comments

Leave A Reply