Kerjasama, Kepercayaan, dan Keterbukaan

Kesuksesan tidak selamanya prestasi individu, seringkali kenyataannya tidak demikian. Boleh jadi, kesuksesan Anda sangat bergantung kepada orang lain yang tak terhitung banyaknya, khususnya orang-orang yang mendukung Anda dalam pekerjaan sehari-hari. Keterampilan-keterampilan kepemimpinan yang baik bukanlah esensi dari setiap jalur karier. Para penyair dan pelukis tidak membutuhkan hal tersebut layaknya para pemimpin perusahaan, guru, atau aktivis. Namun demikian, mengetahui bagaimana cara orang lain agar dapat melihat dan berbagi visi dengan Anda akan membantu Anda mencapai visi tersebut.

Pastikan Anda menyatakan rasa penghargaan.Hal tersebut tidak akan membutuhkan banyak tenaga, tetapi boleh jadi sangat berarti bagi orang lain.

Hargailah apa yang dilakukan rekan-rekan Anda dalam hal pekerjaan. Tidak ada yang dapat menggantikan beberapa kata penghargaan yang diucapkan dengan tulus dan dipilih dengan baik, serta diungkapkan pada saat yang tepat. Kata-kata itu gratis, tetapi bernilai tinggi.

-Sam Walton, salah seorang pendiri Wal-Mart

MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DAN KETERBUKAAN

Jujurlah kepada orang-orang yang bekerja untuk Anda. Biarkan pintu ruang dan pikiran Anda senantiasa terbuka, jalin komunikasi dengan rekan-rekan Anda, dan bersikaplah terbuka. Semua itu menandakan sikap menghormati, dan semua orang ingin dihormati. Jika Anda melakukan hal ini, mereka akan cenderung mendukung Anda melalui masa-masa senang maupun sulit.

Kewajiban terbesar seorang pemimpin adalah menciptakan kondisi di mana orang-orang yang dipimpinnya dapat menjadi kreatif, berani, manusiawi, kuat, di mana orang-orang dapat bertekad untuk melakukan hal-hal yang berguna dan signifikan, di mana orang-orang memiliki cita-cita untuk mengubah dunia. Di Hewlett-Packard, kami menyebut pola piker dan tingkah laku ini sebagai aturan-aturan garasi. Aturan-aturan tersebut adalah: keyakinan bahwa Anda dapat mengubah dunia, bekerja kapan saja, mengetahui kapan bekerja sendiri dan kapan bekerja sama; berbagai peralatan dan ide, serta percaya kepada rekan-rekan Anda. Tidak ada politik, tidak ada birokrasi: ini adalah hal-hal yang menggelikan di garasi. Pelanggan berarti sebuah pekerjaan yang diselesaikan dengan baik. Ide-ide radikal bukanlah ide-ide buruk. Temukan cara bekerja yang berbeda-beda. Berikan kontribusi setiap hari. Jika tak ada kontribusi, kita tidak bisa meninggalkan garasi. Yakinlah bahwa dengan bersama-sama, kita dapat melakukan apa pun. Ciptakanlah sesuatu.

-Carleton (Carly) Fiorina, Mantan CEO Hewlett-Packard

Ingatlah, rasa takut akan kegagalan adalah hal yang paling melumpuhkan dari semua emosi manusia. Rasa takut akan kegagalan menghalangi kita untuk mencoba, untuk berani, untuk sukses. Rasa ini harus dihadapi. Jangan tumbuhkan pepatah lama mengatakan, “Seandainya saya… coba tadi saya… mengapa tadi saya tidak…” Kegagalan bukanlah untuk ditakuti, tetapi untuk dihadapi, ditolak dan diatasi.

-Mark Shields, jurnalis dan komentator politik

Hidup tanpa rasa takut sangat berbeda dengan hidup tanpa pernah merasa takut. Bukan sesuatu yang buruk jika Anda sesekali merasa takut. Rasa takut adalah guru yang hebat. Yang tidak baik adalah hidup dalam rasa takut, membiarkan rasa takut mendikte pilihan-pilihan Anda, dan membiarkan rasa takut mendefinisikan siapa diri Anda. Hidup tanpa rasa takut berarti berdiri di atas rasa takut, mengambil ukurannya, dan menolak membiarkannya menjadi bentuk yang menentukan jalannya hidup Anda. Hidup tanpa rasa takut berarti mengamnbil risiko, berspekulasi, tidak bermain aman. Hal ini sama artinya dengan menolak untuk menerima kata “tidak” sebagai jawaban ketika Anda yakin bahwa jawaban tersebut seharusnya “ya”. Itu berarti menolak untuk milik sah Anda, apa yang menjadi milik Anda atas jerih payah dan usaha yang Anda lakukan.

-Michael Ignatieff, penulis dan sejarawan

kerjasama

Bukanlah orang yang mengkritik yang memberi arti, bukan pula seseorang yang menunjukkan bagaimana orang yang kuat tersandung, ataupun bagaimana seorang yang berbuat dapat melakukan dengan lebih baik. Penghargaan hanya layak dimiliki oleh seseorang yang sungguh-sungguh berada di arena; yang wajahnya dikotori debu, keringat dan darah; yang bertarung dengan gagah berani; yang membuat kekeliruan dan terus maju; yang mengetahui tentang antusiasme yang besar, ketaatan yang sungguh-sungguh, dan mengabdikan dirinya di jalan yang benar; yang berada dalam kondisi terbaik sehingga mengetahui arti kemenangan dari suatu pencapaian prestasi yang tinggi dan yang, pada kondisi terburuk, jika gagal, setidaknya gagal dalam perjuangan yang hebat; sehingga tempatnya tidak akan pernah bersama dengan jiwa-jiwa yang dingin dan kerdil, yang tidak mengetahui tentang kemenangan ataupun kekalahan.

-Theodore Roosevelt, Mantan Presiden Amerika Serikat

Karena itu, Anda sebaiknya tidak membuang-buang usia dua puluhan Anda yang penuh kreativitas dengan mencoba menghimdari rintangan-rintangan pribadi yang seharusnya Anda hadapi pada tahun-tahun usia remaja Anda. Inilah tahun-tahun Anda yang paling kreatif. Nantinya, Anda akan memiliki penilaian dan kebijakan yang lebih. Namun, ledakan-ledakan kreativitas Anda semacam arahan-arahan yang akan Anda ikuti dalam hidup; semacam inovasi-inovasi, ide-ide, keinginan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tak sopan, itulah yang akan Anda sediakan pada usia dua puluhan.

-Ralph Nader, pengacara, aktivis dan politisi

Diambil dari Buku Success karya J.Pincott

Suka dengan Artikel ini? Dapatkan Update Artikel Terbaru dari Rumah Pintar Kembar, Masukkan Alamat Email Anda. Data Anda Aman. Kami membenci SPAM, seperti juga Anda. :

Delivered by FeedBurner

2 Comments

Leave A Reply